Kartu Kredit Bukan Kartu Dewa

Sebagai layanan ‘’pascabayar’’, kartu kredit banyak dimanfaatkan saat keuangan mulai kritis. Tapi bila dalam sebulan Anda memaksimalkan penggunaan kartu kredit, hati-hati tagihannya. Menurut Ita Guntari CFP, financial planner, kombinasi antara kartu kredit dan debet merupakan strategi meminimalis tagihan kartu pembayar pintar ini.

Bila ingin  membeli barang dengan kartu kredit, pastikan itu terkait dengan kebutuhan bukan keinginan. Bujet untuk kebutuhan tentu tak sebesar keinginan yang selalu bertambah seiring datangnya diskon. Pilih limit terendah untuk kartu kredit yang dimiliki. Limit ini merupakan batas kemampuan bayar Anda dalam satu bulan. Jangan pernah memilih limit melebihi pendapatan Anda. ’’Kalau kartu kreditnya sudah mendekati limit. Tinggalkan kartu kredit di rumah dan mulai tahan diri bila ingin membeli sesuatu yang bukan kebutuhan,’’ saran Ita.

Anda bisa menggunakan kartu debet yang umumnya menyatu dengan kartu ATM Anda bila ada kebutuhan terdesak. Tapi ingat, menggunakan kartu debet atau kredit sama artinya dengan mengurangi jumlah saldo Anda setiap bulan.’’Karena kartu kredit punya charge 2,5 persen setiap bulan di luar limit,’’ kata Ita. Karena itu tak ada solusi yang lebih baik selain tekan hasrat berbelanja bila anda tak ingin menyesal dan kesulitan saat tagihan datang.

Source : sheradiofm
Images : by sheradiofm

Leave a Comment