7 Macam Cara yang menyenangkan memelihara ikan

Posted on

Tertarik memelihara ikan hias? Tip dari Harsono Harjadi, kolektor ikan hias selama 12 tahun sekaligus anggota Klub Maskoki Jakarta (KMJ) di bawah ini, akan memandu Anda  untuk menikmati pengalaman memelihara ikan yang menyenangkan, sekaligus dapat memperindah istana kita,

1. Air adalah elemen utama
Sebab 80% kesehatan ikan tergantung dari bagaimana kondisinya airnya. Pastikan air dalam akuarium ber-pH normal atau tidak mengandung bahan kimia seperti kaporit. PAM pun mengandung kaporit, oleh karena itu kita harus melakukan pengendapan selama satu malam dahulu. Atau kita bisa memberikan obat penetral. Secara rutin, gantilah air 2 kali seminggu.

2. Gunakan akuarium dengan ukuran standar
Yaitu yang berdaya tampung 100 liter air, dengan ukuran 60x50x40 cm, untuk tinggal 2 ikan mas koki 15 cm. Jangan lupa buat si kecil nyaman dengan menambahkan oksigen, filter, tanaman hias, dan lampu. Sinar cahaya lampu sangat dibutuhkan untuk membantu proses fotosintesis agar menghasilkan lumut berprotein tinggi yang baik untuk si ikan.

3. Pilih ikan yang sehat
Ciri-cirinya : berenang dengan gesit, siripnya cantik tanpa cacat, warna sisik terang, dan tak banyak luka.

4. Beli si jagoan
Mencari ikan yang tangguh? Pilihlah ikan jenis betta, maskoki, pacus perut merah dan oskar.  Sebab ikan jenis ini tahan banting, tidak  mudah sakit, tidak cepat mati dan terlalu sensitif.

5. Beri makanan secukupnya

Selain kita harus menjaga kualitas makanan, intensitasnya pun harus dipantau, Jangan terlalu sering, ikutilah aturan yang tertera di label pembungkus. Atau kita bisa membeli alat penyebar makanan otomatis.

6. Karantina pendatang baru

Agar tidak tertular penyakit, maka karantina tanaman dan ikan yang baru dibeli terlebih dahulu di dalam ember tertutup berisi 8 liter air selama 4 minggu.

7.  Mengenal penyakit ikan
Ada 2 jenis, yaitu penyakit internal dan eksternal. Internal misalnya, perut ikan terlihat bulat akibat bakteri yang ada di usus. Sedangkan contoh penyakit eksternal, sirip robek-robek karena bakteri yang ada di dalam air. Atasi dengan memberikan ABATE atau garam secukupnya ke dalam air akuarium. (Tim Prevention)

Sumber: www.preventionindonesia.com

One thought on “7 Macam Cara yang menyenangkan memelihara ikan

  1. jagoan yang paling bagus adalah ikan sepat gan,
    warnanya menarik kebiru biruan, dan sangat kuat – tidak cepat mati walau lama gditinggal dan tidak dikasih makasn, dan cepat beranak, hehehehe

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.