Apa itu blog ?

Posted on

Mungkin dari teman2 sekalian sudah banyak yang memiliki blog. Tapi apakan teman2 sekalian mengerti apa yang di maksud dengan blog, apa sih blog itu?. Dalam tulisan saya ini akan memberikan beberapa definisi blog dari pandangan orang-orang yang memang sudah ahli di bidang per-blog-an.
dari mas pri yang memberikan definisi blog antara lain :

  • Berisi tulisan yang disusun secara kronologis
  • Mengandalkan perangkat lunak CMS
  • Memiliki fasilitas komentar
  • Memiliki format sindikasi, misalnya RSS atau Atom
  • Tulisannya dibuat dari sudut pandang pribadi penulisnya

Itu adalah definisi minimal sebuah blog menurut saya. Tentunya ada beberapa komponen lagi yang sering dijumpai di blog, tetapi komponen-komponen ini bukanlah sebuah keharusan menurut saya:

lalu ada juga yang memberikan definisi nya sebagai berikut (enda) :

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar “cerdas” mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.

Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita “mengintip” isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari penciptanya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal. Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet.

Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika kemudian Blog bahkan tidak lagi memuat link-link tapi hanya berupa tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain. Para Blogger dengan sengaja mendesain Blog-nya dan isinya untuk dinikmati orang lain.

dan menurut wikipedia yang berbahasa Indonesia adalah :

Sebuah Weblog, Web log atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media Blog pertama kali di populerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang di peruntukan kepada perkembangan para Blogger tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian sampai dengan media publikasi dalam sebuah kampanye politik, program-program media dan korporasi. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktifitas, informasi dan opini yang sangat besar mengerupsi beberapa subyek atau sangat kontroversi dalam blogoshpere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Karena semakin banyaknya pengguna fasilitas blog dan seringnya para pengguna blog yang sering berkunjung ke blog lain, maka lazim dibentuk sebuah organisasi atau komunitas kumpulan blogger.

jadi dari defini-definisi diatas kita dapat menyimpulkan bahwa :

  1. Blog itu berasal dari kata weblog
  2. Memiliki postingan-postingan yang berupa catatan harian sampai dengan media publikasi
  3. Dan setiap postingan-postingan tersebut terdapat komentar dari para pembacanya
  4. Bersifat kurang formil (maksudnya ada sedikit becanda2nya)
  5. Bersifat umum (setiap orang dapat membacanya)
  6. Merupakan suatu komunitas
  7. Blog menggambarkan pemiliknya (jadi bisa dikatakan kalo bahwa blog itu adalah diri kita di dunia cyber ini)
  8. Dan beberapa yang disebutkan oleh mas pri


yahh kira-kira itulah yang ada dipikiran saya dan jika ada yang kurang atau serasa dilebih2kan atau tidak benar saya mohon maaf dan mohon dibenarkan :D, sekian dari meja redaksi hendra-k.net.

7 thoughts on “Apa itu blog ?

  1. wew, tadi malem gw coba klik comment, yg nongol di bawahnya blog malah tulisan error gitu..

    oh iya, manteb infonya 😀 dari kata weblog ya…

  2. Hello everybody, my name is Damion, and I’m glad to join your conmunity,
    and wish to assit as far as possible.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.