Apa sih Manfaat Yoghurt

Posted on

Belakangan ini sering sekali kita temui berbagai distro menyajikan makanan kesehatan dengan rasa yang membuat ketagihan. Sudah bukan jaman lagi yang disebut makanan kesehatan akan kita jumpai dengan bentuk dan rasa kurang menyenangkan. Salah satu dari makanan sehat yang mulai merambah Jakarta adalah Yogurt. Berbagai tempat menarik yang menyajikan Yogurt ini bahkan dapat kita jumpai di mall mall besar di Kota-kota besar di Jakarta, sebut saja Yogulicious, Heavenly Blush, Sour Sally dan sederet nama distro yogurt lain yang benar-benar mengubah citra makanan ini dari sekedar makanan sehat menjadi makanan sehat yang trendi dengan rasa yang menyenangkan dan membuat ketagihan. Yogurt dengan kadar lemak rendah dan protein tinggi membuat yogurt kaya akan kalsium, riboflavin, Vitamin B6 dan B12. Selain itu Yogurt dipercaya dapat melawan diare dan bahkan memperbaiki pencernaan serta mengurangi kemungkinan kanker usus. Bagusnya lagi, Yogurt ini dapat dinikmati oleh mereka yang alergi susu, Semua khasiat susu tanpa ada resiko.

Yoghurt atau yogurt adalah sebuah produk susu yang dihasilkan oleh bakteri fermentasi susu. Fermentasi dari laktosa menghasilkan asam laktat yang bekerja pada protein susu sehingga membuat yoghurt lebih padat serta memiliki tekstur dan aroma yang khas. Umumnya yoghurt dibuat menggunakan susu sapi, namun ada beberapa yoghurt juga menggunakan susu kedelai.
Yoghurt telah dikonsumsi selama lebih dari 4500 tahun dan telah terkenal di seluruh dunia dewasa ini. Yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Beberapa di keunggulan yoghurt adalah kaya protein, memiliki kandungan kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12.

Manfaat Yoghurt
Berikut ini beberapa manfaat dari yoghurt untuk Anda:

  • Menyehatkan pencernaan
  • Berdasarkan hasil penelitian, yoghurt dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, radang usus, kanker usus atau intoleransi laktosa.
  • Mengurangi risiko terjadinya infeksi pada vagina
  • Wanita yang mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi tingkat keasaman (pH) sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur.
  • Menurunkan risiko darah tinggi
  • Dengan mengkonsumsi yoghurt 2-3 porsi sehari, dapat mengurangi risikotekanan darah tinggi.
  • Mencegah osteoporosis
  • Karena berbahan dasar susu, maka dalam yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua zat ini dapat membentu seseorang terkena osteoporosis.
  • Membantu kita lebih kenyang
  • Kandungan kalori yang terdapat dalam yoghurt manjadikan yoghurt makanan yang dapat membantu sesorang merasa lebih kenyang.

Yoghurt untuk Penderita Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa yaitu ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa, gula yang paling banyak terkandung dalam susu. Sewaktu seseorang mengkonsumsi laktosa yang terdapat dalam susu dan produk-produk sejenisnya maka bakteri dalam usus besar mengubah laktosa itu menjadi asam laktat dan karbon dioksida. Dalam waktu 30 menit saja, timbul gejala-gejala umum, yang mencakup mual, kejang otot, kembung, dan diare.

Bagaimana dengan yoghurt yang merupakan produk susu juga?

Yoghurt mengandung laktosa hampir sebanyak susu, namun beberapa penderita intoleransi laktosa dapat mencernanya tanpa mengalami gangguan. Karena yoghurt mengandung mikroorganisme yang mensintesis laktase, dan ini membantu pencernaan laktosa. Yoghurt lebih mudah dicerna oleh tubuh dibanding susu. Meski rasanya sedikit asam, namun Anda dapat memperoleh manfaat melalui yoghurt. Saat ini, terdapat banyak produk yang dibuat dari yoghurt yang menambah kenikmatan dan cita rasa dari yoghurt sepertifrozen yoghurt serta berbagai yoghurt dengan rasa buah. Konsumsi yoghurt dapat membuat tubuh Anda lebih sehat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.