Awas Serangan Varises!

Posted on

Tahukah Anda bahwa aktivitas yang mengharuskan Anda berdiri terlalu lama dengan sepatu berhak tinggi dapat memicu timbulnya varises, yang tentunya akan menganggu kesempurnaan penampilan seorang wanita?. “Orang yang bekerja selama 5 jam atau lebih dalam posisi duduk atau berdiri di satu tempat, lebih mungkin menderita varises” (Framingham Study).

Kata varises cukup sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin Anda pernah mendapat nasihat dari seorang yang berbunyi ” jangan berdiri terlalu lama, nanti kena varises lho!”nasihat itu memang ada benarnya, karena varises dapat dipicu oleh aktivitas yang dilakukan sambil berdiri dalamusia mempun waktu yang cukup lama.

Terjadinya varises

Varises merupakan gangguan pada pembuluh darah balik berupa pembengkakan atau pelebaran. Manusia mempunyai dua jenis pembuluh darah, pembuluh darah nadi yang membawa darah mengandung oksigen dari jantung ke organ-organ tubuh, pembuluh darah balik yang membawa darah yang mengandung CO2 dari organ-organ tubuh kembali ke jantung. karena jantung letaknya relatif di bagian atas tubuh, maka banyak pembulu darah balik yang mengalirkan darahnya menuju ke arah atas. Berarti melawan gravitasi bumi. Untuk itu, pembuluh darah balik memiliki katup-katup yang tugasnya mengontrol agar aliran darah tetep mengalir ke atas, tidak berbalik ke bawah. Ketika katup pembulih darah balik ini melemah, darah akan mulai berkumpul di bagian belakang katup. Hal ini dapat menyebabkan bagian pembuluh darah balik yang berada di belakang katup membesar atau melebar. Kondisi seperti inilah yang disebut sebagai varises. Melihat proses dia atas , tentu tak heran varises hanya terjadi hanya di bagian tubuh yang letaknya lebih rendah dari jantung. Varises umumnya terjadi di tungkai bawah, seperti paha, betis, kaki. Bisa juga di dinding perut atau vagina.

Mengobati varises

Jika seseorang sudah mengalami varises, maka sulit untuk mengembalikan ke kondisi normal. Pengobatan yang biasa dilakukan hanyalah menyamarkan gejala-gejala yang muncul. Dokter juga mungkin akan menyarankan penggunaan alat-alat bantu tertentu, seperti misalnya celana atau stoking khusus yang dapat memberikan tekanan untuk menunjang kekuatan pembuluh darah balik, sehingga varises tidak menonjol keluar. Cara lain untuk mengurangi gejala varises adalah dengan menyamakan posisi kaki sejajar dengan jantung. Ini akan memudahkan darah mengalir melalui pembuluh darah balik ke jantung dengan tidak membebani katup-katup pembuluh darah balik. Sangat dianjurkan orang yang menderita varises untuk melakukan posisi ini pada saat-saat senggang, selain tentunya pada malam hari ketika tidur. Di samping itu olahraga teratur, jalan-jalan santai, dan meregangkan kaki ketika duduk juga dapat membantu aliran darah ke jantung dan mencegah gejala varises lebih berat. Untuk varises berat yang menyebabkan rasa sakit berlebihan dan pendarahan, operasi merupakan alternatif yang lebih baik. bagi wanita hamil, biasanya varises hilang dengan sendirinya enam bulan setelah melahirkan.

Tips Menghindari varises:

1. Turunkan berat badan

Apabila Anda sangat kegemukan penurunan berat badan secara bertahap dan sehat dapat mengghindari Anda dari varises. Berat badan berlebihan memberi tekanan yang tidak perlu pada kaki anda.

2. Konsumsi makanan berserat

Usahakan diet Anda banyak mengandung serat agar tidak sembelit dan feses Anda lunak. Ini mencegah peregangan yang tidak perlu ketika sedang buang air besar. Serat banyak terdapat dalam buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

3. Minum air putih sebanyak-banyaknya

Sebuah cara lain untuk melunakan feses adalah minum air sekurangnya delapan gelas sehari.

4. Jangan merokok

Atau hentikan bila Anda telah melakukannya. Merokok meningkatkan resiko masalah pada pembuluh darah balik, yang pada gilirannya ikut menyebabkan varises.

5. Hindari beban berat

Latihan angkat berat baik untuk mengendalikan berat badan, tetapi Anda perlu melakukannya dengan benar guna menghindari kerusakan pada vena. Minta panduan kepada pelatih tentang pemakai beban lebih ringan dan perulang yang lebih banyak pasti lebih baik daripada peregangan berlebihan ketika mengangkat beban berat.

6. Berlari di permukaan lunak

Apabila Anda berlari, pilihlah lintasan yang permukaannya lunak, tanah, rumput atau abu. Berlari di permukaan keras, seperti beton, dapat merangsang pembesaran vena.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.