Bagaimana Bluetooth Bekerja?

Posted on

Mengetahui Lebih Jauh: Bluetooth
Oleh Anavi Krisyanti | Diterbitkan  11/15/2005 |

Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan sinyal yang sangat lemah sebesar 1 miliwatt (sinyal terkuat ponsel sekitar 3 watt). Sinyal yang lemah ini menyebabkan berkurangnya batas jarak antar Bluetooth sampai 10 meter. Meskipun lemah, tembok rumah sekalipun tidak bisa menghalangi sinyal Bluetooth, jadi standar ini tetap bisa dioperasikan meskipun beda ruangan.

Sinyal lemah

Sebenarnya kecil sekali kemungkinannya dua Bluetooth bisa berada pada satu frekuensi yang sama dalam waktu yang bersaman pula. Menurut teknik spread-spectrum frequency hopping, ada 79 frekuensi individu yang digunakan suatu alat secara acak dengan jarak tertentu, gonta-ganti dari satu frekuensi ke frekuensi yang lain secara teratur.

Dalam kasus Bluetooth, frekuensinya digonta-ganti 1.600 kali tiap detiknya. Nah, karena semua Bluetooth memakai transmisi jenis spread-spectrum ini secara otomatis, hampir mustahil ada dua transmitter berada pada frekuensi yang sama dalam waktu yang sama. Teknik ini juga mengurangi resiko gangguan dari perangkat lain. Kalaupun terjadi interferensi, hanya akan berlangsung kurang dari sedetik.

Duplex

Ketika dua alat ber-Bluetooth saling mendekat, percakapan elektronik akan terjadi untuk menentukan apakah masing-masing punya data untuk dipertukarkan atau apakah alat yang satu butuh mengontrol yang lain. Hasil percakapan ini akan berkembang membentuk suatu jaringan yakni personal-area network (PAN) atau piconet. Berkat piconet, teknik spread-spectrum frequency hopping akan mulai bekerja sehingga kedua alat tadi bisa saling berkoneksi sekaligus mencegah gangguan dari piconet Bluetooth lainnya yang mungkin berada di ruangan yang sama.

Ada dua jenis sistem komunikasi. Jenis yang pertama bekerja satu arah dalam satu waktu (half-duplex communication), sedangkan yang satunya lagi bekerja dua arah secara simultan (full-duplex communication). Sistem Bluetooth bisa kedua-duanya. Ketika posisinya full-duplex, Bluetooth bisa mengirim data hingga 64 Kbps. Tetapi jika half-duplex, kapasitas transmisinya mencapai 721 Kbps untuk satu arah, dan 57,6 Kbps untuk arah sebaliknya. Kalau kecepatannya mesti sama, Bluetooth bisa ngebut sampai 432,6 Kbps.

13 thoughts on “Bagaimana Bluetooth Bekerja?

  1. saya pengen di komputer saya ada bluetooth nya. gimana ya??????????? kalo bisa sama infrared nya juga dehhhh!!!

  2. Bluetooth itu system untuk menerima dan mengirimkan data melalui gelombang radio, seperti yang dijelaskan di atas. Untuk punya bluetooth, kita musti memasang hardware-nya sekaligus menginstal driver-nya (software untuk mengenali hardware yg kita pasang tadi). Kalo ke toko komputer, tanya aja: Jual bluetooth yg USB nggak? Biasanya ini yg paling banyak, karena mudahnya dipasang alat tsb via port USB.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.