Cara Berkemas Praktis untuk Berlibur

Posted on

Oleh Anavi Krisyanti | Diterbitkan  10/11/2005 

Di bulan-bulan liburan seperti halnya bulan puasa, tahun baru agama dan ethnis, liburan sekolah, natal, galungan, dan lain-sebagainya… orang sudah banyak yang memulai melakukan persiapan berpergian bersama keluarga. Jika Anda pakan pergi dalam waktu yang cukup lama, apakah Anda harus membawa barang selemari?

Tips Berkemas Praktis

  1. Agar tidak perlu terlalu banyak membawa baju, lebih baik Anda membawa beberapa baju yang mudah untuk dipadupadankan dengan baju lain dan gunakan lebih banyak warna netral. Misalnya, rok A dapat di padukan dengan baju B, C dan D, shingga pakaian yang digunakan tetap terlihat bervariasi.
  2. Untuk baju kasual seperti kaus, jeans, celana panjangan dan pakaian dalam setelah dilipat biasa dapat digulung satu per satu hingga berbentuk botol kecil sebelum dimasukkan ke dalam koper. Hal ini dapat menghemat ruang dalam koper yang diperlukan untuk memasukkan pakaian lain.
  3. Agar pakaian tidak gampang kusut, gabungkan dua pakaian yang telah dilipat menjadi satu. Berilah selembar tissue di antaranya kemudian kedua pakaian tersebut dilipat menjadi dua.
  4. Saat memasukkan pakaian ke dalam koper, masukkanlah menurut urutan pemakaian. Taruhlah yang pertama kali akan digunakan di sebelah atas, demikian seterusnya. Dengan demikian kerapian koper terjaga.
  5. Sesuaikan besar tas dengan banyaknya barang yang dibawa. Hal ini juga dapat meminimalkan pakaian menjadi kusut. Tas yang terlalu besar sehingga tidak penuh membuat pakaian yang tealh dilipat rapi menjadi berantakan. Demikian pula sebaliknya, jika tas terlalu kecil akan membuat pakaian yang dijejalkan ke dalamnya menjadi kusut.
  6. Sepatu sebaiknya dimasukkan ke dalam kotaknya, untuk menjaga bentuk dan tidak mengotori barang yang lainnya. Untuk meminimalkan bawaan, bawalah sepatu yang multifungsi. Bila ingin membawa lebih dari satu, pilihlah sepatu/sandal santai dan satu untuk suasana formal.
  7. Masukkan obat pribadi, dompet, ponsel, dan kebutuhan pribadi lainnya ke dalam satu tas kecil yang mudah dibawa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.