Keistimewaan dari Minyak Zaitun

Posted on

Minyak zaitun yang dihasilkan dari pohon zaitun merupakan produk asli hasil tani di benua Asia Kecil dan taburannya bermula dari Iran, Syria dan palestina sehingga keseluruhan Mediterranean semenjak 6,000 tahun yang lalu. Minyak zaitun atau minyak Olive adalah sebuah minyak buah yang didapat dari zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari Mediterranean dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat-obatan, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol).

Kandungan lemak tak jenuh tunggal paling banyak terdapat dalam minyak zaitun, yang merupakan bagian penting dalam menu makanan orang Timur Tengah. Minyak Zaitun adalah jus alami yang menghasilkan rasa, aroma dan vitamin dari buah zaitun. Minyak zaitun adalah salah satu minyak dari sayur-sayuran yang dapat dikonsumsi langsung – diperas langsung dari buahnya. Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan adalah karena tingginya kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan zat anti oksidan. Penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat mencegah timbulnya penyakit jantung dengan mengendalikan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah. (1-3) Tidak ada hasil alam lain dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal sebanyak minyak zaitun. Minyak zaitun dapat ditoleransi dengan sangat baik oleh pencernaan. Pada kenyataannya, minyak zaitun mencegah timbulnya penyakit lambung. Minyak zaitun mengaktifkan sekresi dari empedu dan hormone pankreas lebih alami daripada obar peresepan. Sebagai manfaatnya, menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Manfaat lain buat kencantikan antara lain:

1. Masker wajah

Usapkan minyak zaitun pada wajah dan hindari area mata. Setelah satu menit, hapus dengan air hangat. Minyak zaitun berfungsi sebagai masker anti penuaan.

2. Perawatan rambut
Minyak zaitun baik dipakai untuk melembabkan rambut kering dan sangat disarankan bagi yang memiliki rambut tebal untuk melembutkan rambut yang kaku.

Caranya, aplikasikan minyak zaitun dengan handuk hangat dan biarkan selama 20 menit, lalu cuci bersih.

3. Melembutkan kulit
Gunakan minyak zaitun di kaki untuk melembutkan dan menghaluskan kulit sebelum tidur. Pakai kaos kaki agar zaitun meresap sempurna. Pemakaian rutin menjadikan kaki halus dan lembut.

4. Perawatan tangan dan kuku
Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperoleh produk perawatan kuku dan tangan. Usapkan minyak zaitun pada tangan dan kuku membuat kuku lebih sehat.

5.Lulur
Campurkan garam, gula dan minyak zaitun dan gunakan sebagai lulur. Hasilnya, disamping akan mengelupas sel-sel kulit mati, kulit lebih lembut dan lembab.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.