Kursi Sehat, Bersuara Ketika Salah Duduk

Posted on

Masalah seringkali membuat manusia semakin kreatif berinovasi untuk mengatasi masalahnya tersebut. Seperti yang dilakukan oleh seorang ilmuwan Jerman bernama Risto Kolva. Ia berhasil membuat sebuah kursi ajaib yang bisa bersuara agar orang yang sedang duduk di atasnya dapat memperbaiki posisi duduknya yang salah.

‘Kursi Intelli’ ditemukan setelah Kolva mengadakan penelitan tentang sonifikasi. Sonifikasi adalah penggunaan suara berisik untuk menyampaikan informasi. Penelitian ini dilakukan Kolva bersama dengan mitranya dari Universitas Bielefeld, Jerman.

“Empat sensor di kursi bagian depan dan empat sensor di belakang kursi dapat mendeteksi bagaimana posisi orang yang duduk di kursi itu,” ujar Kolva.

Data kemudian dikirim ke komputer melalui bluetooth. Jika kursi tersebut mendeteksi orang yang posisi duduknya salah atau sudah duduk terlalu lama, kursi itu akan bersuara untuk memberitahukan agar orang yang duduk di atasnya mengubah posisinya.

Menurut ahli komputer Thomas Hermann, kursi intelli dibuat agar dapat digunakan di kantor maupun di rumah.

“Dapat juga digunakan di ruang sekolah untuk mengoptimalkan efektivitas kerja dengan menentukan apakah pekerja harus beristirahat,” ujar Hermann yang telah berusia 40 tahun tersebut.

Dengan kursi ini para workhaholic sepertinya dapat diingatkan untuk beristirahat dan tidak lupa waktu saat bekerja.
Source : kompas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.