Pintar Gadget & Internet Tanpa Anak Kecanduan

Dibawah usia 3 tahun
Sebaiknya tidak bermain dengan laptop atau komputer. “Karena, adanya radiasinya. Di usia ini adalah masanya anak berlari-lari, berguling, main bola, dan eksploriasi fisik lain. Bermain adalah dunianya, dan itu merepresentasikan masa depan mereka. Mengutip Neil Postman, Kalau kita mencabut anak dari dunia bermainnya terlalu cepat, kita akan mendaptkan orang dewasa yang kekanakan, jelas Elly Risman (Psikolog dari Yayasan kita dan Buah Hati).

Sementara Donny berpendapat (Konsultan internet sehat dari ICT Watch), mengutip dari panduan internet sehat, anak sebelum usia 3 tahun bisa mulai dikenalkan internet, asal daam pendampingan orang tua. Hal ini juga untuk mengenalkan bahwa anak bisa mendapat pengalaman menyenangkan sekaligus memperkuat emosional antara anak dengan orang tuannya.

3-5 tahun
Boleh diperkenalkan pada laptop dan koneksi online. Tapi, waktunya dibatasi. “maksimal 30 menit saja dan harus didampingi orang tua,” kata Elly. Pilihkan konten dan program-program yang sesuai dengan masa tumbuh kembang anak. “Misalnya, perlihatkan video yang diunduh dari youtube. Untuk program televisi atau DVD, pilih acara semacam Barney, Dora, dan Sesame Street. Coba perhatikan, pada program semacam Barney atau Dora, temponya pelan. Hal ini sesuai dengan tempo penerimaan anak. Anak tidak bisa dijejali dengan adegan yang memborbardir cepat,” jelas Elly. Anak mulai diajak melakukan eksplorasi internet. Orang tua bisa memberi penjelasan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan dengan internet, halaman-halaman yang bermanfaat dan menarik untuk mereka.

5-7 tahun
“Boleh memakai laptop atau main game maksimal maksimal 2 jam saja. Anak zaman sekarang punya tugas sekolah yang sangat banyak. Jadi, perlu mengatur waktu agar tidak mengurangi waktu istirahat mereka, “saran Elly.

Orang tua sebaliknya mulai memberi batasan-batasan, laman apa yang boleh dikunjungi dan bahaya apa yang mengintai dari laman yang terlarang untuk anak. Anak akan mendapatkan pengalaman yang positif, jika bisa meningkatkan penemuan-penemuan baru di internet.

7-10 tahun
Anak mulai mencari informasi dan kehidupan sosial di luar keluarga mereka. Faktor pertemanan mulai punya pengaruh yang signifikan. Tempatkan komputer di ruang yang mudah diawasi. Pertimbangan memakai software filter, memasang search engine untuk anak, atau browser khusus bagi anak. Pada masa ini, orang tua juga memperhatikan beberapa laman ia berinternet. Pastikan anak tak hanya melakukan satu kegiatan saja, tetapi juga diberi satu aktivitas lain. Misalnya, bermain musik, olahraga, dan membaca buku.

10-12 tahun
Saat tepat mengenalkan fungsi internet untuk membantu tugas sekolah atau menemukan hal-hal yang berkaitan dengan hobi mereka. Tugas orang tua adalah mengarahkan kebebasan mereka. AnakĀ  mulai mengasah kemampuan dan nalar berfikir mereka sehingga akan membentuk nilai dan norma yang dipengaruhi oleh teman-temannya. Anak-anak perlu memahami bahwa apa yang dilihatnya diinternet tak selalu benar dan bermanfaat, begitu juga apa yang disarankan teman-temanya.

Sumber: femina

One thought on “Pintar Gadget & Internet Tanpa Anak Kecanduan

  1. Tips yang menarik, semoga bermanfaat untuk orangtua dalam memberikan pembelajaran untuk anak tentang dunia gadget dan internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.