Mengenal Lebih Jauh tentang e-gold

Latar Belakang adanya E-Gold
Oleh Eko Liem | Diterbitkan  10/9/2005

Dalam setiap aktifitas Bisnis online (selanjutnya disebut: eBisnis) kita pasti membutuhkan suatu alat pembayaran digital dalam bertransaksi. Alat pembayaran digital ini disebut mata uang elektronik (eCurrency) yaitu alat pembayaran yang sah dan diterima secara umum di seluruh dunia, misalnya Kartu Kredit (Credit Card). Namun pemakaian credit card melalui media internet masih banyak memunculkan masalah terutama pada tingkat keamanannya, apalagi Indonesia sekarang dalam status blacklist oleh banyak merchant internasional karena tingginya angka carding atau penyalahgunaan di Indonesia. Sehingga sebagai alternatif untuk melakukan transaksi secara online di Internet kita dapat mempergunakan E-Gold.

Apa itu E-Gold ?

E-Gold adalah suatu alat pembayaran digital yang sudah ada mulai tahun 1995, dikeluarkan oleh E-Gold Ltd, berkedudukan di Nevis, berlaku secara global, standar nilainya didasarkan pada 100% harga emas murni yang berlaku di pasar dunia dan ditampilkan dalam bentuk rekening tabungan E-Gold.

E-Gold adalah suatu mata uang seperti halnya rupiah dan dollar, bukan merupakan mata uang nasional suatu negara. Ini berarti tidak ada suatu negara yang mengeluarkan uang kertas maupun logam dalam mata uang E-Gold. Malahan setiap transaksi dilakukan secara elektronis melalui internet.

Nilai transaksi dihitung berdasarkan berat emas murni. Anda dapat merubah E-Gold ke dalam bentuk mata uang lain (US Dollar, Pounds, Deutche Mark………dan sebaliknya). Sangat fleksibel dan mudah.

Apakah E-Gold bisa dipercaya dan aman ?

Tentu. E-Gold sudah diakui oleh banyak merchant di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online dan sebagai media pembayaran yang sah. Selain itu dana di E-Gold dapat ditarik di semua mesin ATM berlogo Cirrus, Maestro, Visa dan Master Card.

E-Gold sangat mudah dan fleksibel karena transaksi diproses secara real time. Jadi system transfer dan pembayaran dilakukan waktu itu juga dan bisa dilakukan kapanpun karena selalu buka 24 jam dan bisa melakukan transaksi di manapun.

E-Gold memiliki website yang dijamin keamanannya dengan secure server 128 bit SSL. Siapapun dapat membuka rekening E-Gold secara GRATIS seperti halnya bila membuka rekening di bank, dan tidak ada biaya registrasi saat pembukaan rekening.

Dengan E-Gold kita dapat mengisinya dengan membeli atau menjualnya ke merchant-merchant yang terpercaya yang bertebaran di Indonesia.

TIPS MENJAGA KEAMANAN E-Gold ANDA

Karena E-Gold berisi uang, maka rentan terhadap pencurian apalagi jika menggunakan fasilitas umum seperti Warnet. Ikuti langkah-langkah pengamanan berikut :

  1. Pada saat registrasi E-Gold, sebaiknya Anda isi alamat rumah yang sebenarnya karena apabila anda lupa password loginnya maka satu-satunya jalan untuk mendapatkan password baru adalah dengan mengirim email ke E-Gold dan E-Gold akan mengirim password baru ke alamat rumah Anda melalui surat/pos (tidak bisa lewat email)
  2. Jangan pakai Passphrases E-Gold Anda untuk daftar pada program apapun
  3. Admin E-Gold tidak pernah mengirim email yang ada linknya ke member. Jika ada kiriman email yang meminta Anda mengklik link nya dan memasukkan Passphrases maka sebenarnya mereka adalah hacker yang sengaja akan mencuri rekening E-Gold Anda dan membuat web mirip dengan E-Gold. Abaikan saja atau hapus.
  4. Ubahlah password/passphrases secara berkala dan gunakan gabungan huruf dan angka yang sulit ditebak dan lebih dari 10 karakter, gunakan program pengacak misalnya, untuk mengubah password Anda menjadi karakter yang tidak terbaca, rekam password Anda dalam file misalnya untuk kemudian Anda bisa lakukan copy/paste, jika ingin memasukkan password ini (ini jika anda pakai terminal pribadi)
  5. Saat mengisi password/passphrase login, gunakan tombol SRK di kanan isian. Anda tidak mengetik passwordnya tapi memilih huruf dan angka di window kecil yang muncul menggunakan mouse. Hal ini untuk menghindari password Anda disadap dengan software keylogger yang dapat merekam key yang Anda tekan. Hati-hati apabila Anda menggunakan komputer public seperti di warnet atau lab komputer, karena bisa saja dipasangi keylogger yang langsung bisa mengirim hasilnya ke email penyadap
  6. Bersihkan selalu komputer yang telah Anda pakai membuka Account E-Gold sebelum Anda tinggalkan dengan menghapus semua data yang ada di directory C:\WINDOWS\Cookies, C:\WINDOWS\History dan C:\WINDOWS\Temporary Internet Files

Jangan pernah menyimpan data username dan password Anda tersebut pada harddisk komputer meskipun itu komputer pribadi Anda.

Similar Posts:

One thought on “Mengenal Lebih Jauh tentang e-gold

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>